10 Sep 2012

4 Fakta Unik Manfaat Buah Apel

Manfaat buah apel tidak perlu diragukan lagi. Buah yang satu ini cukup populer di masyarakat mulai dari tingkat bawah, menengah, hingga tingkat atas sekalipun. Rasanya yang manis dan agak sedikit asam membuat buah apel diminati oleh segala usia mulai dari anak kecil hingga orang tua. Kandungan serat yang cukup banyak membuat buah apel menjadi salah satu buah wajib yang perlu kita konsumsi setiap hari.

Dibalik semua itu ternyata banyak juga manfaat dan beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh buah yang bernama latin malus domestica. Apel pertama kali ditumbuh kembangkan di kawasan Asia Tengah kemudian  berkembang ke seluruh penjuru dunia. Pohonnya mampu tumbuh hingga 12 meter, daunnya berbentuk lonjong dan buahnya memiliki diameter sekitar 5 hingga 10 cm. Berikut beberapa fakta unik dan manfaat buah apel.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

1. Membuat Anda Pintar
Asetilkolin merupakan senyawa kimia yang mampu mentransmisikan informasi antar sel syaraf. Apel membantu tubuh memproduksi zat asetikolin sehingga akan membuat otak kita semakin tajam meskipun usia terus bertambah. Selain itu salah satu penelitian di Massachusetts mengunkapkan jika mengkonsumsi buah apel dapat mencegah seseorang terkena pernyakit alzhiemer.

2. Mencegah Kanker
Hasil sebuah uji laboratorium meunjukkan jika senyawa alami yang terdapat dalam buah apel mampu mengekang perkembangan sel kanker. Hal ini mungkin terjadi karena adanya antioksidan dalam buah apel yang membuat kekebalan tubuh kita meningkat sehingga mencegah tumbuhnya sel kanker

3. Turunkan Kolesterol
Adanya zat pektin dan polifenol dalam apel efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat buah apel secara optimal makanlah bersama dengan kulitnya. Karena pada kulit apel terkandung 3 hingga 6 kali kandungan antioksidan.

4. Mempermudah Anda Dalam Bernafas
Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli kesehatan pada ibu hamil yang mengkonsumsi buah apel pada masa kehamilan. Para ibu tersebut melahirkan anak dengan resiko terkena asma lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang tidak mengkonsumsi buah apel. Manfaat buah apel juga dapat melindungi paru-paru, mencegah kanker, dan pernyakit pernafasan lainnya.

◄ Posting Baru Posting Lama ►